Pages

Sabtu, 18 Juni 2016

Behind The Scene Angrev '16


Hari ini tepat seminggu setelah gue lulus. Yaa tipikal gue lah ya, selalu mengenang seminggu-seminggu-dan seminggu. Nah tepat juga minggu lalu di hari ini (ribet ye? Sabtu kemaren) pemutaran perdana video angrev ’16. Nah bagi kalian yang belum nonton, mending nonton dulu. Gue bakal bahas behind the scene video yang (katanya sih) buat kangen masa-masa dulu. HAHHA.

Nih linknya:

^Itu gue upload enam jam^

Video yang kita kasih judul ‘Angrev ‘16’ atau Angkatan Revolusi 2016 ini bukan video yang gampang men. Gila proses pembuatannya aja tiga bulan! Bayangin: 3 bulan = 2.160 jam = 129.600 menit untuk video 10 menit 15 detik. Gut. Kalau ada dari lu pada yang kebanyakan pacaran dan gak pernah produktif apapun selain bualan romansa #BEHBAHASANYAA (hestek: bualan romansa), proses ini kayak pdkt. Lu pdktnya lebih lama daripada pacaran. Ya iyalah orang ga sampe satu tahun PASTI putus MWAHAHAHHA*suara jomblo ketawa di malam minggu* *kemudian nangis di pangkuan ibu *loh*

Tapi emang sih proses itu emang lama daripada hasilnya. Tapi paling berkesan juga.

Kalau lu pikir ini konsepnya gampang, gue akui emang ini bukan konsep ribet, tapi kalo lu berasumsi ini buat skenarionya gampang… Hmm, kuburan deket rumah keknya masih banyak yang kosong tuh. HAHAHA. SUSAHHH! Kalau kata director pertama video itu, Tzuriel, anak juara se angkatan tiga tahun berturut-turut: “Ini bahkan lebih susah daripada belajar buat UN”. Hmm

Terus kalo tau ribet, kenapa masih buat? Berawal dari mana keribetan ini?

Semua berawal saat negara api menyerang  gue iseng di group chat:

“Eh, buat rewind tiga tahun sekolah yuk”
Serius demi Deus, gue Cuma bercanda. Ya abis gue kayak liat di youtube gitu, rewind youtube Indonesia yang keren banget dan kemudian diikuti oleh parody youtube rewind oleh youtuber-youtuber antar provinsi Indonesia. Banyak banget, dan asik banget nontonnya. Maka, jadilah ide serupa dengan itu.

Dan ternyata yang bukan bualan romansa itu (?) mereka tanggapin serius, ditambah mereka emang juga kepikiran buat video akhir tahun. 

Jadi deh buat skenario.. Dengan berbagai ide yang ada. Di convert jadi satu skenario. Banyak banget yang diubah, diganti, dituker, dll. Apalagi buat ide-ide (termasuk ide gue) yang gak dimengerti orang. Kayak misalnya gini:

“Eh buat yang dramus kita buat item aja. Kan kita gak punya kostumnya tuh. Jadi biat gak keliatan” otak gue yang sengklek tiba-tiba mau berkompromi dengan keadaan.
Dan itu cetusan yang cerdas, tapi bahasanya selalu salah. Lu ngertilah, ide sama kosa kata biasanya gak mau bersatu kayak aku sama kamu. Harusnya bukan item, tapi siluet.
“Ha?” yang lain Cuma cengo. Ntah gue yang bego atau mereka yang bego.
“Kayak ini dari belakang: lampu – kain – orang – kamera. Belakangin cahaya gituuu. Backlight!” gue mencoba menjelaskan.
“Lu ngerti gak Win?” Tanya Siska ke Winda.
“Kagak”
“Gue kayaknya ngerti” kata Lisa tiba-tiba.
“Yodah lu ngerti kan. Terus nanti kasih warna merah pas bagian Niko. Kan perang” gue mulai senang, akhirnya ada yang ngerti.
“Hah Siluet? Warna merah? Gue gak ngerti, gue gak ngerti” Lisa juga akhirnya bingung.
Gitu terus aja bingung sampe bayi bisa nari poco-poco. 

Tapi untung semesta masih berbaik hati kepada kita, sebelum bayi bisa nari poco-poco, skenario itu selesai, dan perdebatan juga selesai. P.s: gue yang edit skenarionya lohh #apasih. Ohya gue berperan sebagai director kedua setelah Justin, rangkap editor yang edit hanya dua scene dari tiga belas scene HAHA, plus rangkap scriptwriter bareng Lisa, Siska, Winda, Justin.

Nih bagian depan script angrev yang terakhir:
Kek keren gitu ya.
Padahal biasa aja HAHA

U si det! Ders mai nem. HAHAHA. Tapi itu ada yang kebalik, harusnya nama Justin dulu baru nama Gue. Dan setelah gue ketik nama mereka dan memberi mereka posisi, Elizabeth (executive producer) langsung mengundurkan diri karena dia ga mau beliin konsumsi buat kita JAHAHHA, kata orang dan juga kepercayaan dia sendiri, bagian Executive Producer itu sebagai ‘yang keluarin uang’. Jadi dia ga mau. Maka kita gak ada 'orang yang mau keluarin uang', jadilah de low budget GAK ADA BUDGET video.

Nama 'Ang X Rev' itu sendiri yang buat Lisa (Elizabeth D). Dia nulis itu di atas skrip yang belum gue edit. Awalnya gue bingung, itu tulisan apaan. Dan gue sok tau aja gue pikir itu: Angkatan Revisi. Skrip ini belum di revisi, makanya ditulis Angrev atau revisi HAHAHA. Goblok banget sumpah. Ternyata itu revolusi. (Atau mungkin emang angkatan revisi. Revisi nilai rapot, Karena remed mulu. HAHHA #burn).

Pemilihan anak dll --itu Lisa yang urus, dibantu Siska. Mereka berdua yang kerja dibalik hari-H syuting, yang nentuin jadwal, minta izin ke guru, dsb. Dibantu sama temen-temen lain juga yang dipilih buat jadi penanggung jawab scene.

Blablablabla….

Ohya lagu, itu semua yang atur Justin Tzuriel *beri tepuk tangan meriah*, di proses pembuatan lagu lah kita semua memunculkan emosi masing-masing. Hm. Ada yang kesel, (kayak) marah-marahan, saling dukung, saling gak dukung, yhaa... 

Ya mau gimana, lagu itu penentu video paling besar. Lagunya jelek, otomatis videonya juga jelek (konten, direct photography, dan suara/lagu bagi gue terpenting. Lagu yang utama setelah konten, bagi gue). Justin suka banget sama dubstep, kita semua malah gak suka. Dia gak suka lagu-lagu hits di vevo, kita malah mintanya itu. Dannnn akhirnya justin mengalah dengan kita muka-muka bahagia sekaligus jahat karena menekan dia untuk buat.

But, thanks Justin yang udah stress sendiri. HAHAHA. He’s the hero of this video. Sekaligus Justin yang edit scene lainnya, gue cuma dua, dia edit sebelas scene lainnya. Dan boleh diakui, pasca produksi (setelah syuting, dll) memang hampir sepenuhnya itu Justin yang selesaikan.

Meskipun marah-marahan, sempet kecewa bagian akhir yang awalnya (hanya gue dan Justin yang tau awalnya gimana. Sumpah jelek banget, bagian akhir gak di cut), sampe gue hampir meneror rumahnya minta dateng buat edit bagian akhir… Dan pada akhirnya Justin dengan segala ketakutan yang ada mengganti lagi jadi jauh lebih baik…..Akhirnya hari Rabu minggu kemaren.. 

SELESAILAH VIDEO KITAAAAAAAAAAAAAAAAA~~~
GILAAAA.. gue senengnya minta ampun.
~(‘3’)~ ~(`.`)~ Tari ubur-ubur~

Dannn sekarang, gue bakal kasih tau fakta-fakta dibalik video akhir tahun ini... Hestek biar lu pada tau gimana pembuatan dan kesalahan video no budget ini.


1. Cahaya ilahi saat Gita membuka loker  (Scene 1)


Kalau lu liat ada bagian terang-terang gitu,



Di muka gita itu bukan hasil editan. Sekalipun iya, itu mulus banget. Dan karena kita semua bukan expert, kita gak bisa. Nah jadi darimana gerangan cahaya suci itu? Itu dari cahaya hape (lampu belakang hape, yang biasa buat flash pas foto) yang dimasukkin ke loker. Kalau gak salah sampe 4 hape dimasukkin ke dalem buat jadi cahaya ilahi #bhak. Nah makanya yang bagian keduanya, itu putih, biar gak ketauan kalau isinya itu cahaya hape.

Nah keliatan kan hasil Editan?



2. Aryo gak bisa keluar. UNTUK KEDUA KALI. (Scene 3)

Coba lu puter lagi dari menit ke 01:07. Perhatikan bagian tengah, tempat Aryo (kepalanya berbalut kain ijo).


Nahhh, lu bakal perhatiin Catherine dengan sangat jelas di dorong sama Nicole. Kenapa? KEtrin suka kikuk dan lupa kalo Aryo harus keluar. Take pertama, salah karena dia lupa kasih Aryo keluar, dan yang lain juga lupa. Take kedua, gue yang saat itu ngevideoin ini udah gini dalam hati, “Kayaknya take baru, kayaknya take baru”. Tapi karena keliatannya asik, gue urung ngomong cut. Dannnnnn jadilah ini yang paling bagus. Ketrin didorong oleh Nicole.



3.       Ada tulisan aneh di ‘bendera’ 73 (scene 3)
Ya kalo ini, silakan diputar sendiri dan dilihat sendiri di menit 01:15

Sudah ketemu? Kalo mengerti, bertobatlah nak.
Kenapa ada? Karena katanya emang slogan atau khas kelas 7 mereka waktu itu emang begitu. Gue tadinya juga bingung, tapi yang ngomong itu slogan mereka bukan Cuma satu, banyak yang ngomong gitu. Jadiiii yaudah. Gak banyak yang nyadar juga.



4.     Too Much Easter Egg on Pak Dazki’s Where Are You Know

Cobalah sekali-sekali ngestop bagian ini. Maka kehidupan kamu akan lebih berwarna. Ini adalah bagian yang dibuat cukup lama karena harus ngegambar 600frames. Tentulah gak Cuma satu-dua orang yang buat. Ini yang buat banyak orang. Gue juga buat.

Dan banyak banget dari mereka dan gue yang kasih easter egg. Nih gue kasih tau beberapa bocoran gambar yang banyak orang gak perhatiin itu ada:

Dipeluk~~ Biar Gak jones #inikaryagueloh HAHHA

Hai I'm Dazki and you're watching Disney Channel.
Watduf HAHHA

Say Hi to Alex Turner from Arctic Monkeys
#InikaryaguelagilohHAHA
#pengenbangetdipuji?

Najis Jomblo Banget.
^^Karya Ketrin yang sampe lulus
masih jomblo aja.



The most karya gak jelas , goes toooooo....
FYI: ini yang gue tau. Sisanya susah ditangkep. Setau gue orang
yang buat ini juga buat banyak gambar legendaris.

HOT NEWS:
Mermaid tobat karena memasuki bulan ramadhan
Kini mermaid belajar untuk sopan:
belajar untuk tidak pake beha doang kemana-mana

Mas?

WAHHHH TOPIIIIIIII
...



 5. They Tell The Truth (Scene: Persiapan UN)

Kalau diperhatiin, itu dua tadinya udah dibangunin, 

Tuh udah dibangunin

tapi kemudian masih aja tidur. 


And that’s the truth. Dibanguninpun pasti ttp tidur.
Ya, begitulah hidup seorang pelajar.

6. Kesalahan dimana mana~
Di video ini banyak banget kesalahan-kesalahan kecil yang kalau diperatiin ini jelas banget. Biasanya kita yang buat video ini tau dan nyadar. Tapi karena udah capek dan masalah waktu juga, kita males take ulang.

Liat Masih ada Iven






pfft, lebay banget.
 Iven disuruh pulang. Padahal masih ada take yang belum kevideo. Yaudalah. 

Itu Laptopnya kalau diperatiin cuma keluar biru doang
Yes, laptop dia lagi rusak atau gimana gitu
lupa.

Jadi gue suruh pura-pura aja


Nulis di kertas coret-coretan pake spidol
good.

kayaknya ini banyak yang tau deh

Boom! discene yang sama, dia tiba-tiba
pindah tempat.
wow mejik

.
.
.
.
 dua take satu scene yang salah -_-




  Dan bagian komputer, for your info aja, itu mereka gak ada yang buka web UN/apapun yang CBT (iya, itu scene UN). Mereka cuma buka history. Internet kalo mau nyalain lama, padahal kita cuma punya 45 menit. Jadiiiiii, untung warnanya putih HAHAHA
Pembohongan Publik

7. Maksud dari buka dan tutup loker yang banyak orang gak perhatiin
Loker 13.
2013.
Kita semua bertemu dan semua cerita
berawal di tahun 2013.
Loker 16.
2016.
Yes, semuanya berakhir di tahun 2016.
Dan di bagian tutup loker, gue harus take beberapa kali untuk memastikan wajah yang berbeda pas awal buka dan akhir tutup. Gue maunya bagian akhir itu dia bahagia. Nah makanya di akhir itu Gita kan tutup dengan wajah bahagia-yang-agak-maksa. Wajah itu ialah wajah hasil capek latihan buat perpisahan, dicampur panas banget, ditambah take berkali-kali karena salah dikit, plus buru-buru Gita harus pulang. Maafkan daku Gita. 
oOo
  
  Dan meskipun harus take berpuluh kali di satu video full itu, (dengan rekor take terbanyak: Maxwell Iskandardinata yang main voli itu. Dia (katanya Justin, gue gak megang scene itu) kesulitan buat ngehantam (?) voli keatas sampe dia kesel banget HAHA. Liat behind the scenenya di instagram Justin: @justintzuriel HAHHA)

meski demikian sulit, 

gue pasti bakal merindukan momen momen ini :') 

Jadi, terimakasih untuk kerjasamanya semuaaa.. Makasih buat semua perasaan saat buat ini, makasih buat marahnya, sarannya, sukanya, bahagianya, gila barengnya, waktunya, tenagannya, semuanyaaa.. Termasuk terimakasih buat saat mogok kerjanya para kameramen yang buat gue dan Justin sempat stress. Terimakasih semua yang ada di dalam video yang isinya satu angkatan semua  Oh fun fact terakhir, iyas, ini semua hampir 117 anak masuk video yang berarti semua anak masuk. Hampir semua karena ada satu dua yang gak masuk/bolos dan gak sempet divideoin. Tapi secara tidak langsung, dibagian akhir, semuanya masuk :D

Jadiiiiii Terimakasih angkatan yang gue sayangin <3 #lebaybetdah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar